Anugerah Wisata Jawa Timur 2018

Tarian Innagurasi Malam Penghargaan Anugrah Wisata

Malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 di helat di Ballroom Grand Mirama Mercure Surabaya tanggal 23 Oktober 2018. Wisata di Propinsi Jawa Timur memiliki keunggulan antara lain adalah harga kompetitif, pergerakan wisatawan yang tinggi, sumberdaya alamiah yang potensial serta budaya yang unggul. Sedangkan beberapa kelemahan yang ada adalah ketahanan industri wisata yang belum kokoh, belum maksimalnya dukungan teknologi informasi , infrastruktur wisata yang masih kurang.

Sedangkan penghargaan wisata terbaik untuk masing-masing kategori adalah:

Kategori daya tarik wisata alam adalah Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang

Air terjun Tumpak Sewu Kab. Lumajang (sumber wikipedia)

Kategori daya tarik wisata budaya adalah Makam Maulana Ibrahim Asmoro Condi Kabupaten Tuban.

Makam Maulana Malik Ibrahim Asmoro Condi Kab. Tuban

Kategori daya tarik wisata buatan Kampung Coklat Kabupaten Blitar

Kampung Coklat Kab. Blitar

Penghargaan terkait komitmen dan kepedulian yang tinggi diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Jombang, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Jawa timur selaku tujuan wisata belum memiliki wisata kuliner yang memadai. Kebersihan lokasi wisata, fasilitas ibadah serta optimalisasi kawasan pendukung obyek utama wisata masih banyak yang terabaikan sehingga menjadi tantangan ke depan untuk lebih baik lagi bagi pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bisa bersaing dengan tujuan wisata utama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *